IMAM GHAZALI
A. Masa Hidup Imam
Al- Ghazali
1.
Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam Al-Ghazali
nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang
terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar
di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme
yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah
suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu
merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Beliau
dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang pengrajin
wol sekaligus sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama, mempunyai
semangat keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama
dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat kepada
umat.
Itulah sebabnya,
ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali) dan saudarnya
(Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman ayahnya, seorang ahli
tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun
dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa
rendah atau malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan, dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan
seorang sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai
seorang sufi sampai usia 15 tahun (450-456)
2.
Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan imam
Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada ayahnya
beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan
di Thus dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada
teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi
kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh
selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah
nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
a)
Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad
bin Abdullah Al Hafshi
b)
Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al
Fath Al Hakimi
c)
Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah
Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d)
Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar
dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula
diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli (ushul al din)
ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf
Santunan
kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh pada imam
Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab,
khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik, membaca hikmah, dan falsafah,
imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang luas.
Setelah imam
kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah.
Beliau mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al-
khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al-
mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani
masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara tahun
465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain dari
Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan. Setelah
imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat kelahirannya,
beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf kekpada Yusuf
Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan dengan
al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu
Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali menjadi pembahas paling pintar di zamanya.
Imam Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun
kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya
sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani wafat, beliau
memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri sultan
Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al nidzhamiyah. Di Naisabur
ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad
Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat,
al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan
Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat dengan
‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin populer dan
disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al Ghazali
diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam
bukunya al mungkiz min dahalal. Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam
al Ghozali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi,
Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat
terbukti dalam karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada tahun 488
H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis) terhadap ilmu-ilmu yang
dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaanya dan
karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau menderita penyakit selama dua
bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al Ghazali tidak dapat menjalankan
tugasnya sebagai guru besar di madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya beliau
meninggalkan Baghdad menuju kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al
Ghazali di kota Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan mujahadah.
Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan ibadah
serupa. Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw.
Sepulang dari
tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di Thus, disinilah
beliau tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai berlangsung selama 10
tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya yang terkenal ” ihya’
‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan kembali
ilmu agama).
Karena
disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi berselang selam
dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh
untuk para mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat pada tahun 505 H / 1
desember 1111 M.
Abul Fajar
al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad saudaranya imam
al Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan melakukan sholat,
kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku kemudian ia mengambil dan
menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya, beliau berkata ” Aku mendengar
dan taat untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya dan menghadap
kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu meninggal dunia
menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus) pada hari senin 14
Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al Tabiran,
ibu kota Thus.
B. Guru dan
Panutan Imam Al Ghazali
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya
mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl
Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab
shohih bukhori.
2. Abul
Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi
daud.
3. Abdullah
Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid
an nabi.
4. Abu Al
Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab
shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan demikian
guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang tasawuf saja, akan
tetapi beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan
guru-guru beliau dalam bidang hadist.
C. Murid-Murid
Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali
mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah nidzhamiyah di
Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al
Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath
Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab
Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab
Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu
Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu
menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga
mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu
Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H).
Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur
Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali
sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al
Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi
(w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said
Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh pada
imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith
fi masail, al khilaf.
8. Abu
Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada
imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim
al ghibah.
Dengan demikian imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid
beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid
beliau menjadi ulama besar dan pandai mengarang kitab.
D. Karya-Karya
Imam Al Ghazali
Imam Al Ghozali
termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al Ghazali
diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1.
Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai
karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2.
Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi)
buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa
keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para filusuf
dengan keras.
3.
Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4.
Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu
agama). Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam
keadaan berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi
panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5.
Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari
kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali
sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan
mencapai tuhan.
6.
Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7.
Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini
berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8.
Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap
tuhan).
9.
Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam
an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros
wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari
kejahatan).
15. Assrar
ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang
pertengahan) .
17. Al wajiz (yang
ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’
makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al
masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada
para raja).
20. Al mankhul
minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil
fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang dengki
penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul
aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul
(elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi
al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil
(permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
BAB TAMBAHAN
KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya dan tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H.
sebelum al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al
Mulk, perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah
al- nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada
Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M)
Setelah gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar
untuk berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan
untuk berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini,
namanya semakin populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484
H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah,
ini dijelaskan dalam bukunya al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di
madrasah dengan tekunnya imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama
pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al
Falasifah.
Pada tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis)
trhadap ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaannya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau menderita
penyakit selam adua bulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar